Keluyuran ingin mengajak Anda untuk mengeksplor berbagai wilayah di Kalimantan. Setelah membahas tentang beberapa pilihan tempat wisata di Samarinda, kami ingin mengajak Anda untuk terbang ke Pontianak yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini mendapat julukan Kota Khatulistiwa karena wilayahnya memang dilewati oleh garis khatulistiwa.

Tak perlu menunggu lama lagi, Keluyuran akan segera mengajak Anda untuk berpetualang di tempat wisata di Pontianak ini. Ajak teman maupun keluarga untuk berlibur ke Kota Khatulistiwa. Jangan lupa untuk selalu mencatat semua tempat-tempat yang akan kami rekomendasikan berikut ini.

Tempat Wisata di Pontianak yang Menarik

1. Pantai Kijing

Terletak di Desa Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Pontianak Barat, Pantai Kijing ini menawarkan panorama khas pantai pesisir, mulai dari pasir putih dan jajaran pohon kelapa di https://www.krazypizza.com/ pinggir pantai. Dari pantai ini kita bisa menikmati pemandangan laut dengan bukit yang nampak berdiri kokoh di seberang pantai.

Datanglah ke Pantai Kijing pada sore hari karena tempat wisata di Pontianak ini merupakan spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Untuk menuju kemari Anda akan melewati jalanan yang kanan-kirinya membentang sawah-sawah milik masyarakat setempat. Boleh dikatakan bahwa Anda mendapatkan perjalanan liburan yang sangat menyatu dengan alam jika Anda berlibur di Pantai Kijing ini.

2. Aloe Vera Center

Ada sebuah tempat wisata unik di Pontianak, namanya adalah Aloe Vela Center. Anda pasti sudah bisa menebak jika tempat ini pasti banyak ditumbuhi tanaman lidah buaya, bukan? Ya, benar saja, Aloe Vela Center adalah pusat budidaya tanaman lidah buaya. Berbeda dengan tanaman lidah buaya di tempat lain, lidah buaya di sini berukuran sangat besar. Berat setiap pelepahnya bisa mencapai 1,2 kilogram.

Tak hanya itu saja, di Aloe Vera Center kita bisa melihat pengolahan lidah buaya menjadi makanan, seperti dodol, permen, dan tepung. Hasil tanaman lidah buaya dari Aloe Vera Center ini juga diolah menjadi bahan pembuatan kosmetik. Kita juga bisa membeli aneka produk yang terbuat dari lidah buaya di sini.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai yang satu ini merupakan pantai yang terkenal di Pontianak. Letak Pantai Pasir Panjang berada sekitar 17 KM dari Kota Singkawang. Pantai ini memiliki pasir putih dan bebatuan rsudsawahbesar.com besar di tepinya. Walaupun pasir pantainya tidak terlalu putih, tetapi tempat ini selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat setempat.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini antara lain adalah berenang, memancing, berselancar, dan main voli pantai. Tak perlu ragu untuk berwisata ke Pantai Pasir Panjang karena fasilitas di pantai ini sudah lengkap, mulai dari ketersediaan penginapan, restoran, diskotik, sampai dengan toko souvenir untuk wisatawan.

4. Rumah Betang Radakng

Daya tarik dari tempat wisata di Pontianak ini memang sangat besar. Pasalnya, Rumah Betang Radakng adalah replika rumah adat Suku Dayak. Jadi, tentu saja banyak wisatawan domestik maupun internasional yang tertarik untuk melihat langsung rumah Suku Dayak dari dekat.

Usut punya usut, ternyata Rumah Betak Radakng adalah rumah adat terpanjang di Indonesia. Walaupun hanya sebuah replika, tetapi rumah ini memiliki panjang 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Bila Anda ingin melihat langsung rumah adat Suku Dayak, datang saja ke Rumah Betang Radakng ini.