Sukoharjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Lokasinya di utara kota Solo. Sukoharjo dikenal sebagai sentra jamu, tekstil dan gamelan. Sehingga daerah ini dikenal sebagai distrik jamu, distrik tekstil, dan distrik gamelan.

Selain dikenal sebagai kawasan bersejarah dan pusat berbagai bisnis, Sukoharjo juga dikenal dengan keindahan alamnya dan rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi. Ada lokasi wisata yang begitu lengkap, mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata air, dan lain sebagainya. Berikut lima rekomendasi wisata di Sukoharjo.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sukoharjo

1. Gunung Sepikul

Pegunungan atau perbukitan Sepikul menawarkan pemandangan unik yang mungkin jarang ditemukan di daerah lain. Ada dua bukit kembar yang memiliki kontur seperti zaman dahulu. Di tempat ini, Anda bisa mengabadikan momen dengan pemandangan alam Gunung Sepikul.

Wisata yang terletak di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu ini sangat cocok bagi pecinta tracking dan pendaki pemula. Pasalnya, ketinggian gunung ini hanya sekitar 350 meter di atas permukaan laut. Para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

2. Istana Warisan

Destinasi wisata selanjutnya yang cocok untuk dikunjungi adalah The Heritage Palace. Tempat yang dulunya pabrik gula kini sudah tidak beroperasi lagi. Hal yang menjadi daya tarik di readindonesiaonline.com tempat ini adalah megahnya arsitektur bangunan Belanda.

Istana Pusaka terletak di Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura. Gedung yang merupakan cagar budaya ini sudah dibuka sejak tahun 2018. Selain bisa mengabadikan momen bersama orang-orang terdekat, Anda juga bisa menjajal fasilitasnya, yaitu Museum Transportasi, dan Museum Omah Kwalik.

3. Curug Krajan

Destinasi wisata selanjutnya adalah Curug Krajan. Sesuai dengan namanya, wisata ini akan menawarkan keindahan air terjun. Keunikan air terjun ini adalah banyak terdapat air terjun yang melewati celah-celah bebatuan.

Selain itu, kondisi udara dan alam di sekitar Curug Krajan masih sangat asri. Gemericik aliran air dan ayokesekolah.com suasana alam yang khas pedesaan akan membawa perasaan tenang dan tentram. Air terjun ini terletak di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

4. Bendungan Colo

Colo Dam adalah tempat wisata yang terletak di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter. Colo Dam juga dikenal sebagai Colo Dam. Sebenarnya, tujuan dari bendungan ini adalah untuk menjaga aliran Sungai Bengawan Solo. Namun karena desain bangunannya yang unik, Colo Dam menjadi daya tarik wisata.

Biasanya wisata ini dikunjungi oleh para pesepeda. Jika kondisi air surut, pengunjung bisa berfoto turun dengan latar belakang tembok beton dan aliran sungai. Untuk memasuki Colo Dam, pengunjung tidak dipungut biaya.